Jurusan Farmasi







Assalamualaikum Wr. Wb

Saya baru saja masuk sebagai mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Malang mengambil prodi Farmasi. Saya ingin berbagi sedikit tentang prodi Farmasi sesuai dengan yang saya ketahui untuk lebih mengenal apa itu Farmasi, kuliahnya gimana, nanti pekerjaannya bagaimana, dan lain-lain.

Farmasi adalah salah satu bidang yang berhubungan dengan kesehatan. Farmasi identik dengan obat sesuai dengan asal katanya dalam bahasa inggris pharmacy yang berarti obat . Farmasi menggabungkan antara ilmu kesehatan dan ilmu kimia untuk meracik atau membuat obat yang membantu penyembuhan pasien (wikipedia). Tapi tentu hafalan bukan menjadi halangan kita untuk malas kuliah.

Di jurusan farmasi tidak hanya belajar menghafal obat tetapi juga ada praktikum dan pelajaran hitung-hitungan. Jadi jika ingin masuk jurusan farmasi, kita harus menyukai hitung-hitungan dan kimia. Dalam kuliahnya kita akan belajar membuat, menemukan jenis obat baru, membuat obat herbal, menghafal berbagai macam obat, dan lain-lain.


Prospek kerja di jurusan ini bisa dibilang cukup besar. Karena ilmu kesehatan tidak akan ada matinya dan orang-orang akan membutuhkan ilmu kesehatan. Seorang farmasis bisa bekerja dengan membuka apotek sendiri, menjadi apoteker di rumah sakit, atau bekerja di industri obat, menjadi aktivis kesehatan untuk membantu sesama, dan masih banyak lain. Jadi kuliah di jurusan farmasi banyak sekali manfaatnya untuk masa depan kita walaupun kuliahnya cukup berat. Tetapi seperti kata pepatah “berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ketepian” yang maksudnya lebih baik bersusah-susah dahulu, baru bersenang-senang kemudian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sidoarjo : Kota Delta

GDrive : Penyimpanan Elektronik